Bersama Kominfo Papua, Relawan TIK Latih Pemuda Gereja

Kota Jayapura (RTIK Papua) – Sebanyak 30 orang pemuda Kampung Enggros sejak pagi tadi antusias mengikuti pelatihan pembuatan blog dan pemanfaatan media sosial (medsos) untuk hal positif.  Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua yang bekerjasama dengan Relawan Teknologi Informatika Komputer (TIK) dilakukan selama dua hari, sejak 9-10 November 2017 di Gereja Abara, Kampung Enggros, Kota Jayapura.
Peserta pelatihan diberikan materi berupa tutorial pembuatan blog, e-mail dan pemanfaatan medsos untuk hal positif. “Harapannya, pemuda bisa memberikan pengaruh positif kepada teman-temannya dalam penggunaan medsos,” kata Jery Agus, Kepala Bidang Teknologi Informasi Diskominfo Provinsi Papua, Kamis 9 November 2017

Ketua Relawan TIK Provinsi Papua, Markus Imbiri menuturkan generasi muda merupakan ujung tombak perubahan dan agen untuk memberitakan kabar baik. Salah satu caranya adalah dengan pemanfaatan sarana TIK, serta bijak menggunakan media sosial, termasuk diantaranya tidak mudah menyebarkan kabar bohong atau hoax.
Ditemui ditempat yang sama, Kepala Kampung Enggros, Origenes Meraudje menyambut baik pelatihan tersebut. Ia memiliki harapan besar kepada anak muda di kampungnya untuk dapat mempromosikan potensi alam, potensi pariwisata dan budaya melalui internet.

“Kami berharap kegiatan di kampung dapat diketahui publik secara luas lewat website. Kampung Enggros memiliki potensi bahari dan potensi wisata, seperti lapangan timbul tenggelam, Pulau Metudebi dan tempat masuknya injil pertama kali serta hutan perempuan,” kata Origenes penuh harapan.
Kampung Enggros di Kota Jayapura menjadi satu-satunya kampung melek internet. Kampung yang terletak ditengah Teluk Youtefa, menggratiskan internet bagi warganya. Biasanya, warga setempat berselancar di dunia maya disekitar Dermaga Kampung Enggro, tepat dibawah pemancar sinyal internet. (sumber : kabarpapua co)