“Pentingnya Pendidikan bagi Kesehatan Masyarakat” Catatan Cantik Seorang Blogger Papua

Ira Ohee

RTIKPAPUA.OR.ID – Ketika berpikir tentang pendidikan pasti yang terlintas adalah karir/pekerjaan. Namun banyak orang berpikir bahwa pendidikan itu penting, ada pula yang berfikir bahwa pendidikan itu tidak penting. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil atau kampung-kampung terisolir, mereka beranggapan bahwa pendidikan itu tidak penting.

Bagi mereka, lebih baik bekerja daripada sekolah. Alasannya tidak lain karena pandangan mereka lebih baik bekerja dan menghasilkan uang, daripada bersekolah hanya membuang-buang uang. Ditambah lagi kondisi saat ini yang sangat susah mencari pekerjaan juga sisi lain orang-orang di kampung sangat takut untuk diserang penyakit, mereka berpikir bahwa jika nanti mereka sakit berarti mereka tidak bisa bekerja dan menghasilkan uang. Dibandingkan dengan kota-kota besar, yang nantinya setelah sakit baru mereka akan pergi ke Rumah Sakit untuk periksa.

Saya akan membahas tentang bagaimana mendapatkan pendidikan yang baik akan menciptakan orang-orang yang sehat.
Pendidikan merupakan salah satu hal yang diwajibkan disemua negara, karena dengan pendidikan seseorang akan mendapatkan pembelajaran, pengetahuan, ketrampilan dan kebiasaan kelompok yang diturunkan dari suatu kelompok atau generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan/penelitian.

Pendidikan terjadi dibawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Bagi sebagian orang tua, pengalaman kehidupan sehari-hari lebih berarti daripada pendidikan formal. “Saya tidak pernah membiarkan sekolah mengganggu pendidikan saya” ujar Mark Twain.
Pendidikan berawal dari masa dimana seorang bayi sedang dikandung, banyak orang yakin bahwa dengan mendengar musik,membaca buku,dan berolaraga dapat mengajar bayi mereka sebelum mereka lahir. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Pendidikan kesehatan adalah proses membantu seseorang dengan bertindak secara sendiri-sendiri ataupun secara kolektif untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang memengaruhi kesehatan pribadinya dan orang lain.

Dengan pendidikan seorang dokter mampu memerika pasiennya dan memfonis suatu penyakit, seorang suster mampu menyuntik pasiennya dan seorang ibu mampu mengajar dan melindungi anak-anaknya dari bahaya tidak terduga.

Pentingnya Pendidikan :

1. Memberikan Pengetahuan
2. Untuk Karir/Pekerjaan
3. Membangun Karakter
4. Memberikan Pencerahan
5. Mambantu Kemajuan Bangsa

Namun demikian, pendidikan tidak hanya ada didalam ruang lingkup formal. Ada beberapa jenis pendidikan yang diberikan secara informal, baik secara langsung maupun tidak langsung :

• Pendidikan Moral
• Pendidikan Etika
• Pendidikan Ketrampilan
• Dan lain-lain

Dalam ruang lingkup informal inilah pendidikan akan kesehatan bisa dipelajari.
Hubungan antara pendidikan dan hidup sehat masih kurang efektif karena mengeluarkan banyak biaya. Dalam hal ini ada upaya yang lebih efektif dengan memelihara dan meningkatkan kesehatan dengan berperilaku hidup sehat. Namun, hal ini sama skali belum disadari oleh sebagian besar masyarakat.

Tulisan ini saya buat agar yang membacanya dapat lebih memahami dengan baik lagi pentingnya kesehatan bagi diri kita dan tidak merepotkan/merugikan orang lain, sehingga apa yang telah dilakukan sekarang boleh menjadi kebiasaan-kebiasaan yang baik bagi generasi berikutnya.

Sekian dan Terimakasih

(Ira Cristhy Ohee)