RTIK Sentani, sentuh Aparat Kampung dan UMKM

Ketua Relawan TIK Kabupaten Jayapura, sedang mendampingi peserta pelatihan (rtikjayapura.or.id)

Sentani, – Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) kabupaten Jayapura, melakukan pelatihan komputer dasar kepada para aparatur kampung dilingkungan pemerintahan kabupaten Jayapura. Pelatihan diharapkan dapat membantu kelancaran program kampung yang kian hari kian maju menuju kampung digital. (28/11/2016)

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan secara berkesimbungan, yakti setiap hari jumat pada minggu berjalan. “Kami laksanakan setiap hari Juma’at bertujuan untuk mengenalkan teknologi dasar kepada masyarakat Papua khususnya Tendik, Aparatur Kampung dan juga kepada pengelolah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di kabupaten Jayapura, jelas Ketua Relawan TIK Kabupaten Jayapura, Ari.

Melihat kondisi yang terjadi di lapangan sebagian besar dari masyarakat Papua khususnya di Kabupaten Jayapura masih minim pemahaman tentang penggunaan IT, fakta yang kami temukan di Lapangan masih banyaknya aparatur kampung yang menggunakan jasa pengetikan untuk membuat surat-surat administrasi kampung seperti surat Domisili, keterangan kematian ataupun surat lainnya yang seharusnya bisa langsung dibuat sendiri di Kantor.

Dari sisi UMKM di Papua ini begitu banyak penggiat UMKM khususnya dibidang Kerajinan Tangan namun keterbatasan mereka untuk mempromosikan hasil kerajinan tangan tersebut yang menjadi kendalanya, sebelum mereka merangka ke penggunaan website sebagai media promosi online terlebih dahulu harus dibekali dengan pelatihan komputer dasar agar bisa mempermudah mereka dalam melakukan promosi online. (*)

www.rtikjayapura.or.id